Sama halnya ketika Anda membeli rumah di area perumahan lainnya, ketika Anda hendak membeli rumah di Azura BSD, Anda juga perlu memilih posisi rumah yang paling strategis supaya kehidupan sehari-hari Anda bisa berjalan dengan nyaman, aman, dan juga lancar.

Azura BSD

Sementara itu, salah satu alasan mengapa saat ini mulai ada banyak orang yang memilih tinggal di area perumahan adalah karena ketika Anda memiliki rumah di area perumahan.

Anda bisa merasakan hidup bersama dengan komunitas besar, yang kemungkinan besar berasal dari budaya dan ras yang berbeda-beda.

Apalagi jika Anda bertempat tinggal di area perumahan yang ada di wilayah Jabodetabek. Sebagian besar warga perumahan yang ada di wilayah ini memiliki budaya dan ras yang berbeda, sehingga pengalaman ini bisa memberikan pelajaran tersendiri kepada para penghuninya untuk bisa lebih bertoleransi antar sesama.

Kendati demikian, Anda tidak boleh memilih posisi rumah secara sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan seksama, supaya Anda bisa menjadikan rumah tersebut sebagai tempat ternyaman.

5 cara cerdas memilih posisi rumah di area perumahan Azura BSD

Meskipun bentuk rumah yang ada di area perumahan biasanya akan sama persis, tetapi untuk posisinya sendiri pasti akan berbeda-beda.

Ada rumah yang menghadap barat, ada rumah yang menghadap timur, ada juga rumah yang menghadap selatan, dan ada juga rumah yang menghadap utara. Semua itu harus Anda perhatikan dengan baik.

Sebab, sudah ada beberapa orang yang merasakan betapa panasnya rumah yang menghadap barat, karena rumah ini akan terkena sinar matahari secara langsung. Dengan demikian, Anda akan merasa gerah dan tidak betah jika harus berlama-lama di rumah ketika siang hari.

Selain posisi arah rumah, ada juga beberapa hal lainnya yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan rumah yang nyaman dan aman. Untuk itu, perhatikan dengan baik beberapa tips dalam memilih posisi rumah di area perumahan berikut ini:

1. Lakukan survei ke lokasi secara langsung

Umumnya, ketika seseorang hendak membeli sebuah rumah di area perumahan, mereka akan mencari tahu terlebih dahulu melalui brosur yang diberikan langsung oleh pihak marketing perumahan di Azura BSD tersebut.

Hal ini memang sangat boleh untuk dilakukan, tapi jika Anda sudah semakin yakin untuk membeli rumah di perumahan itu, akan lebih baik jika Anda melakukan survei terlebih dahulu ke tempatnya langsung.

Dengan melakukan survei ke tempatnya langsung seperti ini, Anda bisa mengecek kondisi rumahnya seperti apa, apakah ada kendala tertentu yang harus dibicarakan lagi dengan pihak perumahan, apakah rumahnya menghadap langsung ke arah sinar matahari, dan lain sebagainya.

Ketika Anda melakukan cara ini sebelum membeli sebuah rumah di Azura BSD, peluang Anda untuk bisa mendapatkan rumah yang nyaman dan aman akan lebih tinggi. Maka dari itu, bisa dibilang tahapan ini perlu dilakukan oleh semua orang yang sedang ingin membeli rumah impian.

2. Pilih posisi arah rumah yang terbaik

Yang dimaksud dengan posisi arah rumah disini adalah rumah yang menghadap barat, timur, selatan, atau utara. Jika rumah yang menghadap timur akan berhadapan langsung dengan sinar matahari pagi, untuk rumah yang menghadap barat akan berhadapan langsung dengan sinar matahari siang.

Ketika Anda membeli rumah yang menghadap timur, umumnya hawa rumah di malam hari akan terasa lebih dingin dan nyaman. Sebab, ketika siang hari rumah ini tidak terkena langsung cahaya matahari.

Hal ini berbanding terbalik dengan rumah yang menghadap barat, tentu hawa panas akan terasa lebih lama, karena rumah itu mengikuti arah matahari hingga matahari tenggelam.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk memilih posisi arah rumah yang menghadap timur, karena rumah yang tidak terkena langsung cahaya matahari siang seperti ini, akan lebih sehat dan membuat orang-orang di dalamnya merasa nyaman.

Fasilitas Azura BSD

3. Dilengkapi dengan fasilitas umum yang lengkap

Sekarang perumahan memang pasti sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang lengkap. Namun, supaya kehidupan sehari-hari Anda bisa berjalan dengan lebih lancar.

Akan lebih baik jika Anda memilih posisi rumah yang dekat dengan beberapa fasilitas tersebut, misal seperti pasar, minimarket, pertokoan, sekolah, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, Anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk menjangkau lokasi fasilitas umum tersebut. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan posisi taman yang ada di dekat rumah Anda, supaya anak-anak bisa bermain di taman tersebut ketika sepulang sekolah.

Dengan demikian, anak-anak bisa bersosialisasi bersama teman-temannya, di tempat yang dekat dengan rumahnya.

4. Kondisi keamanan terjamin

Tentu semua orang ingin hidup dengan nyaman dan aman, sehingga bukan hanya kenyamanan saja yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli rumah di area perumahan, tapi keamanannya pun juga sangat perlu untuk diperhatikan.

Untuk menjaga keamanan rumah dengan baik, akan lebih baik jika Anda membeli rumah di area perumahan yang dilengkapi dengan fasilitas CCTV atau security.

Dengan begitu, keamanan rumah Anda bisa lebih terjamin. Namun, disini Anda juga masih perlu memperhatikan sistem yang dijalankan petugas keamanan di dalam perumahannya.

Apakah petugas keamanan yang ditugaskan di perumahan ini memiliki kemampuan yang baik untuk menjaga keamanan lingkungan sekitarnya? Apakah CCTV yang disediakan masih bisa digunakan dengan baik?

Beberapa pertanyaan seperti ini sangat penting untuk Anda perhatikan sejak sebelum membeli rumah di area perumahan manapun.

5. Perhatikan status rumah

Bagi orang-orang yang belum pernah membeli rumah di area perumahan, pasti akan tidak terlalu paham dengan istilah ini.

Ya, terkadang ada beberapa perusahaan developer yang menyediakan 2 pilihan untuk para pelanggannya, yaitu rumah siap huni atau rumah inden.

Jika rumah siap huni bangunannya sudah siap untuk ditempati oleh para pemiliknya, untuk rumah inden Anda hanya bisa memilih lokasi dari gambar petanya saja.

Membahas tentang rumah inden, biasanya pihak developer akan membutuhkan waktu kurang lebih 8 bulan sampai rumah benar-benar bisa untuk ditempati oleh pemiliknya.

Jadi, jenis rumah yang seperti ini tidak akan cocok untuk orang-orang yang sedang membutuhkan rumah sesegera mungkin.

Dengan begitu, Anda perlu memilih antara kedua jenis status rumah ini. Yang terpenting, Anda telah memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga keluarga.

Akhir kata

Beberapa tips yang ada di atas juga bisa Anda gunakan ketika hendak membeli rumah di area perumahan lain, selain Azura BSD.

Yang terpenting dalam membeli rumah sebenarnya hanyalah kesabaran, karena untuk bisa mendapatkan rumah yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan, tidak akan membutuhkan waktu yang sebentar.

Anda perlu memilih di antara banyaknya pilihan, yang nantinya akan disesuaikan lagi dengan kebutuhan serta keinginan Anda dan keluarga. Jadi, kesabaran akan menjadi poin penting dalam aktivitas ini.

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top